Twitter Beri Label pada Akun Milik Institusi dan Media yang Terafiliasi Negara
Twitter akan memberi merek pada akun-akun media yang terailiasi dengan pemerintah satu negara. Tidak cuma account media, merek ini berlaku untuk staf senior (seperti pimpinan redaksi) pada media itu.

Twitter Beri Label pada Akun Milik Institusi dan Media yang Terafiliasi Negara

Posted on

Twitter akan memberi merek pada akun-akun media yang terailiasi dengan pemerintah satu negara. Tidak cuma account media, merek ini berlaku untuk staf senior (seperti pimpinan redaksi) pada media itu.

Tidak cuma media serta petingginya, merek ini berlaku pada lembaga-lembaga pemerintah satu negara. Demikian info yang dituliskan Twitter dalam upload situsnya.

Sekarang ini, account Twitter punya media terafiliasi pemerintah Rusia Sputnik serta RT, dan media terafiliasi pemerintah Tiongkok Xinhua News masuk ke daftar organisasi yang memperoleh merek. Begitu menurut seorang jubir Twitter. Walau begitu, dia tidak memberi info berkaitan entitas apa yang mendapatkan merek.

“Kami percaya orang mempunyai hak untuk memperoleh info apa satu account media terafiliasi langsung dengan pemerintah satu negara,” kata Twitter dalam situsnya, seperti diambil Reuters, Jumat (7/8/2020).

Dampak dari implikasi merek ini ialah, Twitter tidak lagi tampilkan akun-akun dan tweet mereka lewat sistem referensinya.

Lebih lanjut, seperti dicatat Reuters, Twitter menanggap media yang terafiliasi dengan pemerintah, editorialnya ditata oleh negara lewat sumber daya keuangan, desakan politik, atau kontrol atas produksi serta distribusinya.

Media Berdiri sendiri Tidak Dicap

Twitter memberitahukan, media yang diongkosi pemerintah tetapi redaksinya berbentuk berdiri sendiri seperti National Republic Radio di Amerika Serikat (AS) atau BBC di Inggris tidak dikasih merek. Jubir mengkonfirmasikan, tidak ada satupun media AS yang diberi merek.

Sesaat untuk pemerintahan, Twitter memberi merek untuk instansi serta entitas yang sebagai wakil suara satu negara di luar negeri. Contohnya, Twitter memberikan merek untuk kementerian luar negeri, jubir kenegaraan, serta entitas institusional.

Beberapa yang diberi merek seperti account Twitter Gedung Putih @WhiteHouse, @StateDept, @Elysee, @10DowningStreet, serta @KremlinRussia.

Berlaku untuk 5 Negara Anggota Dewan Keamanan Masih PBB

Lebih lanjut, diterangkan oleh Twitter, untuk step pertama merek ini cuma diberi untuk pemerintah beberapa negara anggota dewan keamanan masih PBB seperti Tiongkok, Prancis, Rusia, Inggris, serta AS.

Tetapi, menurut Twitter, account pribadi dari kepala negara tidak diberi merek sama.

Awalnya, Facebook menjelaskan akan memulai memberi merek pada account serta situs punya media yang terafiliasi pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *