Manfaat Bermain Tetris Bagi Kesehatan Otak

Posted on

Siapa yang tidak tahu Tetris? Kemungkinan buat kalian yang hidup di zaman 90-an telah mengenali game ini dari game bot yang dapat diperoleh ditoko toko mainan atau di ponsel ponsel kuno yang telah ada game ini. Saya sendiri untuk anak tahun 2000-an yang mengenali game ini mulai waktu remaja serta sampai saat ini saya masih main game Tetris ini walaupun main di Android.

UPDATE: EA

EA telah hentikan suport untuk game Tetris nya. Tetapi bukan bermakna Tetris tidak lagi ada. Tetris masih ada di Playstore dengan penerbit/publisher yang lain.
Buat kalian yang belum juga tahu tentang game Tetris ini di sini saya akan menerangkannya sedikit untuk permulaan. Tetris ialah game yang mendatangkan balok balok yang diatur untuk bikin satu baris atau bisa lebih dengan cara horizontal untuk memperoleh score. Balok balok nya juga dapat di rotate seperti keinginan untuk bikin satu barisan. Makin tinggi score nya karena itu permainan akan makin cepat, serta yang mana permainan akan berjalan semakin lamban pertama kalinya diawali.

Tentu saja game ini mempunyai batasan berapa banyak tinggi balok yang dapat ditampung. Oleh karena itu kalian diwajibkan untuk membuat balok balok untuk membuat satu baris horizontal atau lebih buat memperoleh score, serta balok yang membuat baris itu akan hilang. Serta itu akan memberi ruangan untuk balok balok setelah itu. Jika tidak lagi ada ruangan untuk balok balok itu karena itu game over. Kalian dipandang kalah.

Nah itu yang membuat game kuno ini jadi hebat, yakni Score. Adanya score pemain dapat berkompetisi dengan pemain yang lain untuk cari siapa yang semakin jago di leaderboard Tetris ini. walau game sederhana tapi tentu ada titik kesulitannya. Serta titik kesusahan game ini untuk capai score setinggi tingginya serta sekaligus juga melebihi pemain lain. Adanya skema semacam ini karena itu pemain merasai bersaing dalam game ini. Game ini dapat dapat juga dimainkan dengan cara off line bila kalian tidak mempunyai jaringan.

Sekarang saya akan bahas tentang manfaat dari bermain game jadul ini, diantaranya yaitu:

 

  • Melatih Nalar

 

Sebetulnya game ini menurut saya ialah game edukasi. Dimana pemain harus memakai nalar nya sendiri untuk membuat satu baris yang dapat membuahkan score. Ya kira-kira seperti rubik yang memakai nalar, tapi rubik memakai rumus tentu sedang tetris tidak. Tetris memberi satu keringanan dimana pemainnya itu yang membuat satu situasi nya sendiri untuk membuat score. Jadi gampang tidak nya pemain memperoleh score bergantung dari bagaimana nalar pemain tersebut untuk membuat situasi yang nyaman untuk mendapatkan score. Jadi yakin tidak yakin nalar kalian akan diasah dalam game tetris ini.

 

  • Memikir Cepat

 

Memang di saat awal main tetris itu kecepatan nya lamban hingga memberi waktu lebih buat memikir sebelum menempatkan balok. Jadi dapat semakin santuy dahulu. Namun makin tinggi score maka semakin cepat tempo permainannya. Serta di sini lah kalian untuk pemain diwajibkan untuk memikir bertambah cepat. Memikir cepat dalam pengertian memikir untuk menangani situasi dimana kalian dapat tempatkan balok balok dalam tempat yang pas untuk membuat score dalam tempo yang sesingkat secara singkat. Tentu saja nalar kalian harus tetap main. Jadi di sini otomatis kalian mempertajam kemampuan untuk memikir cepat serta memutuskan yang pas dalam tempo yang cepat pada kondisi yang acak.

 

  • Tenang

 

Serta yang paling akhir ialah mengenai. Di Game ini kalian dapat juga mempertajam ketenangan kalian dalam ambil satu aksi. Pikirkan saja. saat kalian pada kondisi tertekan serta hampir kalah, coba untuk tenang supaya nalar serta kecepatan memikir kalian masih terbangun. Dengan demikian kalian dapat ambil aksi yang pas serta efektif dalam memperoleh score di level yang tinggi. Serta di sini lagi lagi kalian dituntut untuk tenang dalam hadapi satu situasi baik pada kondisi tertekan sekalinya.

Game ini masih mempunyai iklan bila kalian bermain online. Namun iklan nya tidak mengganggu pada gameplay nya. Apabila ingin hilangkan iklannya kalian cukup matikan saja data mobile ponsel kalian sebelum bermain.

Memang bermain tetris ini tidak dapat cuma satu atau dua barangkali. harus dilaksanakan dengan bertahap serta tekankan kalian pahami ide permainan ini untuk memperoleh faedahnya. Bila kalian kalah main lagi! Kalah lagi ulang kembali! Itu proses. Tidak ada yang langsung dapat pintar dalam sekali eksperimen.

Demikian post saya kesempatan ini. Ini hanya pendapat dari pandangan saya seorang. Jadi minta maaf bila ada kekeliruan dalam bahasan saya kesempatan ini. Atau kalian dapat komentar di bawah untuk memberikan tambahan pendapat saya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *