Apple Hapus 26.000 Aplikasi Gim dari China
Berdasar data dari perusahaan penelitian Qimai, Apple meniadakan 29.800 aplikasi dari toko aplikasi China, termasuk juga lebih dari 26.000 game.

Apple Hapus 26.000 Aplikasi Gim dari China

Posted on

Berdasar data dari perusahaan penelitian Qimai, Apple meniadakan 29.800 aplikasi dari toko aplikasi China, termasuk juga lebih dari 26.000 game.

Mencuplik situs Reuters, Senin (3/8/2020), tindakan pencabutan itu berlangsung ditengah-tengah rumor lisensi yang diedarkan oleh pemerintah Tiongkok untuk transaksi pembelian di aplikasi (in-app purchase). Tetapi, Apple belum menyikapi rumor ini.

Awal tahun ini Apple memberi penerbit game tenggat waktu sampai akhir Juni untuk menyerahkan nomor lisensi dari pemerintah yang sangat mungkin pemakai lakukan pembelian dalam aplikasi.

Toko aplikasi Android China sudah lama patuhi ketentuan itu. Tidak jelas kenapa Apple memberlakukannya dengan ketat di tahun ini.

Awalnya, App Store Tiongkok sudah meniadakan lebih dari 2.500 game mobile dalam tujuh hari pertama bulan Juli 2020.

Game populer yang sudah dihapus dari App Store Tiongkok termasuk juga Contract Killer Zombies 2 dari Glu, Solitaire dari Zynga, ASMR Slicing dari Crazy Labs, serta Nonstop Chuck Norris dari Flaregames.

Pengembang Game Menanggung derita

Pemerintah China sudah lama berusaha untuk menegakkan ketentuan yang lebih ketat pada industri gimnya untuk meniadakan content peka.

Proses kesepakatan untuk game yang ingin aktifkan pembelian dalam aplikasi benar-benar panjang serta susah, berefek pada semua pengembang, terkecuali pengembang game besar. Begitu menurut seorang sumber dalam industri game.

“Ini benar-benar memengaruhi penghasilan pengembang kecil serta menengah, ditambah mereka susah mendapatkan lisensi usaha. Ini merusak semua industri game iOS di China,” kata Todd Kuhns, manager penjualan untuk AppInChina, satu perusahaan yang menolong perusahaan luar negeri membagikan aplikasi mereka di China.

10 Aplikasi dengan Angka Unduhan Paling tinggi pada Juni 2020

Sensor Tower meluncurkan daftar yang berisi sepuluh (10) aplikasi dengan angka unduhan paling tinggi pada Juni 2020.

Berdasar data perusahaan penelitian pasar aplikasi mobile itu, TikTok jadi aplikasi di luar kelompok game yang terbanyak didownload di penjuru dunia pada Juni 2020.

Aplikasi bikinan ByteDance itu meraih 87 juta angka unduhan. Dibanding dengan periode Juni 2019, ada 52,7 % kenaikan.

“Beberapa negara yang terbanyak menempatkan aplikasi TikTok semasa periode ini ialah India sebesar 18,8 % serta Amerika Serikat sebesar 8,7 %,” tutur Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower, diambil dari info perusahaan, Jumat (10/7/2020).

Setelah itu, aplikasi pertemuan video Zoom menempati rangking ke-2 dengan dengan hampir 71,2 juta unduhan. Angka ini ini merepresentasikan perkembangan 34 kali lipat lebih tinggi dibanding dengan Juni 2019.

“Beberapa negara dengan jumlah paling besar penempatan Zoom ialah India sebesar 30,8 %, diiringi oleh Amerika Serikat sebesar 11,3 %,” papar Julia.

Daftar Lengkap

  1. TikTok
  2. Zoom
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Instagram
  6. Google Meet
  7. Messenger
  8. FaceApp
  9. Telegram
  10. YouTube

Daftar Lengkap di App Store

  1. TikTok
  2. Zoom
  3. YouTube
  4. WhatsApp
  5. Instagram
  6. Facebook
  7. Messenger
  8. Gmail
  9. Google Maps
  10. Netflix

Daftar Lengkap di Play Store

  1. TikTok
  2. Zoom
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Google Meet
  6. Instagram
  7. Messenger
  8. FaceApp
  9. Telegram
  10. Snapchat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *