Apa Itu DNS? Ketahui Peranan, Tipe, Sampai Langkah Kerjanya!

Posted on

Tertarik untuk memakai service DNS? Mending cari info dahulu apakah itu DNS, peranan, sampai langkah kerjanya di bawah ini!

Tentu kamu sempat dong dengar kata DNS? Entahlah itu saat utak-atik settingan Wi-Fi laptop atau waktu memakai aplikasi VPN 1.1.1.1 yang berbasiskan service DNS.

Walau arti ini seringkali kita melihat, tetapi rupanya ada banyak lho orang yang tidak ketahui apakah itu DNS serta kepanjangan DNS tersebut.

Apa kamu termasuk juga diantaranya, geng? Jika iya, cocok sekali nih! Soalnya di artikel kesempatan ini Jaka ingin ulas sekitar apakah itu DNS, peranan, sampai keunggulannya yang kemungkinan belum kamu paham.kamu mengerti.

Ingin tahu? Yuk,langsung dibaca bahasan sedetailnya di bawah ini!

Apa Itu DNS?

Untuk kamu yang kemungkinan belum mengetahui, Domain Name Sistem (DNS) ialah satu skema berupa database terbagi yang akan mengganti URL web ke dalam IP address dan sebaliknya.

Sebab umumnya, pemakai harus menuliskan IP address satu web yang akan didatangi dengan cara manual agar bisa terhubung web itu, geng.

Oleh oleh karena itu, DNS di sini berperanan untuk mempermudah komunikasi di antara manusia serta computer hingga kamu perlu masukkan nama domain web itu, bukan IP address-nya.

Saat ini coba pikirkan, apa yang terjadi jika kamu harus menuliskan beberapa angka IP address yang susah dikenang agar bisa berkunjung ke satu web? Tentu repot sekali, kan?

Peranan DNS

41182213 – seo website searching engine optimization process in thin line style

Sesudah ketahui apakah itu DNS, saat ini kamu bisa sedikit memikirkan dong, geng, tentang apa peranan dari DNS tersebut?

Nah, agar makin jelas serta memahami, berikut Jaka akan terangkan tentang fungsi-fungsi DNS yang kemungkinan belum kamu paham.kamu mengerti:

  • Mengartikan nama domain ke IP Addres serta sebaliknya.
  • Sediakan info IP Address satu web berdasar nama domain yang dimasukkan pemakai.
  • Manghafalkan IP Address dari tiap situs web.
  • Lakukan pencatatan server e-mail.

Kira-kira itu fungsi-fungsi DNS yang tanpamu ketahui akan kerja dengan cara automatis saat kamu terhubung jaringan internet, geng.

Macam-Macam DNS

Kecuali mempunyai peranan yang beragam macam, DNS ternyata mempunyai beberapa type yang berlainan lho, geng.

Beberapa macam DNS ini umumnya digolongkan berdasar info yang diharap pemakai dalam skema DNS yang selanjutnya disebutkan dengan arti DNS record.

Serta berikut beberapa macam DNS record yang seringkali diketemukan:

  • A Record

A Record atau Address Record ialah satu DNS record fundamen tempat simpan info masalah hostname, Time To Live (TTL), serta IPv4 Address.

  • AAA Record

DNS record type ini berperan untuk simpan info hostname serta hubungan dengan IPv6 Address.

  • MX Record

MX Record ialah satu DNS untuk merekam server SMTP yang spesial dipakai untuk sama-sama mengirim e-mail di satu domain.

  • CNAME Record

Type DNS satu ini umumnya dipakai untuk me-redirect domain atau subdomain ke satu IP Address hingga kamu tidak perlu mengupdate DNS record.

  • TXT Record

TXT Record umumnya akan bawa serta mengalirkan data yang cuma dapat dibaca oleh mesin.

  • SOA Record

Start of Authorithy record (SOA record) ialah server DNS yang sediakan otorisasi info mengenai satu domain internet.

  • SRV Record

SRV Record ialah satu detail data dalam DNS yang mendeskripsikan tempat seperti hostname atau port number dari server spesifik.

  • NS Record

NS Record ialah satu entry record yang berisi info mengenai name server mana komposisi detil record satu domain bisa diketemukan.

  • PTR Record

PTR Record bekerja dalam memberi izin pada DNS resolver untuk sediakan info masalah IP Address dan tampilkan hostname.

  • CERT Record

Type DNS record satu ini berperan untuk simpan sertifikat enskripsi atau sertifikat keamanan.

Kelebihan DNS

Ada dengan bawa segudang peranan yang benar-benar berguna buat pemakai internet, tentunya ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari DNS ini, geng.

Mengenai beberapa kelebihan DNS dapat kamu baca melalui bahasan sedetailnya berikut ini:

1. Mempermudah pemakai dalam terhubung internet

Karena hadirnya DNS, sekarang kamu tidak perlu lagi repot mengingat jejeran angka IP Address satu web untuk dapat mengaksesnya.

Cukup dengan menuliskan nama domain yang benar-benar gampang untuk dikenang, kamu juga dapat menelusuri internet dengan gampang.

Karena itu tidak bingung jika sekarang ini banyak basis yang tawarkan service server DNS.

2. Keamanan Bisa Terbangun

Salah satunya kelebihan DNS yang penting buat beberapa pemakai ialah keamanannya yang terbangun, geng.

Hal tersebut karena semua kesibukan transfer data online dilaksanakan lewat server DNS dimana skemanya akan menahan beberapa usaha peretasan data yang dilaksanakan oleh beberapa pihak tidak bertanggungjawab.

Dengan demikian, data pemakai akan semakin lebih aman dibanding tanpa ada memakai DNS.

3. Proses Komposisi Semakin Gampang

Tidak cuma membuat kesibukan online semakin gampang saja, DNS juga gampang untuk dikonfigurasi saat berlangsung satu permasalahan pada IP Address yang kamu pakai.

Soalnya, kamu perlu mengubah IP Address itu dengan alamat IP yang lain.

Langkah yang perlu dilaksanakan juga tidak demikian susah, kamu cukup mengupdate data untuk menyamakan DNS dan IP Address.

Bagaimana Langkah Kerja DNS?

Pada intinya, langkah kerja DNS sendiri mencakup langkah-langkah atau tingkatan mulai proses dari minta info (DNS Query) sampai authoritative name server.

Tetapi untuk lebih detilnya, Jaka akan mengulasnya dengan cara berurutan dari step pertama sampai selanjutnya yang dapat kamu baca di bawah ini.

1. DNS Query

Tingkatan pertama dalam proses kerja DNS ialah DNS Query atau yang mengacu pada proses keinginan info masalah IP Address yang diawali saat kamu menuliskan URL pada kolom penelusuran.

Di step ini DNS server akan cari info di filehosts. Tetapi, bila info tidak diketemukan, karena itu server akan cari kepingan info yang sempat tertera di skema atau yang umum kita mengenal dengan arti cache.

Perlu kamu kenali, DNS Query sendiri mempunyai tiga tipe yang berbeda; recursive query, iterative query, serta non recursive query.

Recursive query berarti pemakai memberi hostname yang selanjutnya DNS Resolver harus beri jawabannya.

Sesaat, Iterative query berarti pemakai masukkan hostname serta DNS resolver akan cari cache yang berkaitan di memory.

Tetapi, bila tidak sukses karena itu DNS resolver akan cari info di Root Server serta Authoritative Name Server yang sangat berkaitan dengan DNS zona.

Paling akhir ada tipe Non Recursive query, dimana DNS resolver tidak perlu lakukan penelusuran di Root Server atau Authoritative Name Server sebab data yang dicari tersimpan di cache.

2. DNS Recursor

DNS Recursor sendiri adalah tingkatan pertama dalam penelusuran info dimana DNS Recursor kerja seperti satu agen yang tetap akan berupaya untuk sediakan info yang dicari.

Saat pemakai masukkan URL serta tidak mendapatkan hasil yang benar di cache, karena itu skema akan cari info dalam cache Internet Service Provider (ISP).

3. Root Name Server

Di step ini, saat info yang dicari rupanya tidak dapat diketemukan pada cache ISP, karena itu skema akan cari info itu ke Root Name Server, geng.

Root Name Server sendiri adalah server database yang akan menjawab masalah domain serta IP Address.

Walau demikian, tapi server ini tidak mempunyai jawaban yang pas untuk info yang dicari, geng.

4. TLD Name Server

Tingkatan langkah kerja DNS selanjutnya ialah TLD Name Server, dimana dari step awalnya skema akan membaca tipe info yang dicari dari top-level domain seperti.com,.org, serta yang lain.

Dengan cara itu, karena itu skema juga bisa melanjutkan info penelusuran ke server yang betul-betul mempunyai data yang dicari.

5. Authoritative Name Server

Tingkatan yang paling akhir yakni Authoritative Name Server dimana tipe server satu ini mempunyai semua info komplet masalah situs situs tujuan.

Di step ini saat info yang diharap telah sesuai hasilnya, karena itu aplikasi browser yang kamu pakai akan tampilkan situs situs atau info yang kamu mencari di step awal, geng.

Akhir Kata
Nah, itu barusan info komplet sekitar apakah itu DNS, peranan DNS, kelebihan, dan lain-lain yang telah Jaka sediakan untuk kamu, geng.

Jadi saat ini kamu sudah mengetahui dong kepanjangan DNS dan pengertiannya? Bagaimana, bagus sekali kan tehnologi satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *