7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android Sejak Lama

Posted on

Apple sah mengenalkan skema operasi generasi terbaru, iOS 14, lewat tempat tahunan Worldwide Developers Conference ( WWDC) 2020, pada Selasa (23/6/2020) pagi hari tempo hari. Untuk kali pertamanya dalam riwayat, semua pekerjaan acara WWDC diadakan dengan cara virtual. Faktanya tidak lain sebab epidemi Covid-19 masih berjalan serta memaksakan semua jadwal bertemu muka, termasuk juga WWDC, untuk diadakan dengan cara virtual. Kedatangan iOS 14 automatis bawa beberapa fitur baru serta kenaikan yang awalnya tidak dipunyai oleh iOS 13.

Tetapi antara kenaikan yang ada pada iOS 14, ada beberapa fitur yang awalnya sudah lama ada pada skema operasi Android. Lalu apa sejumlah fitur itu?

Berikut adalah daftar feature baru iOS 14 yang awalnya sudah dipunyai Android, seperti dikumpulkan KompasTekno dari Cnet, Rabu (24/6/2020).

1. Terjemahkan

Feature Terjemahkan pasti tidak asing lagi buat beberapa pemakai Android serta Google. Sudah ada semasa 14 tahun, aplikasi garapan Google itu dapat mengartikan percakapan dalam delapan bahasa dengan cara real-time.

Sekarang, pemakai iOS 14 juga bisa nikmati keringanan yang sama. Feature Terjemahkan yang ada pada iOS 14 itu serta dapat mengartikan 11 bahasa dengan cara real time termasuk juga bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, serta Korea.

2. Widgets

Untuk kali pertamanya, Apple putuskan untuk ikuti jejak Android, dengan mendatangkan Widget pada monitor home screen iPhone. Widget bisa diketemukan dengan menyeka monitor ke kiri pada home screen.

Dengan feature ini, pemakai iOS 14 bisa lihat perkiraan cuaca, jam sirene serta beberapa menu yang lain lewat monitor home screen. Di lain sisi, feature Widget serta telah ada pada Google Android semenjak tahun 2008 kemarin. 

3. App Clips

Feature ini adalah pembaharuan kecil tetapi cukup berguna. Secara singkat, App Clips dapat mempermudah pemakai dalam lakukan transaksi pembayaran.

App Clips sudah diperlengkapi dengan feature NFC serta QR Kode, hingga pemakai bisa manfaatkan feature ini untuk lakukan pekerjaan seperti bayar parkir.

Code pada App Clips dapat diberikan lewat aplikasi perpesanan Messages serta browser Safari dan sudah cocok pada Apple Pay.

Di tahun 2016 lalu, Google sempat mengeluarkan Instan Apps, yang tawarkan kelebihan sama. Aplikasi ini dapat bagikan code URL, hingga pemakai tidak lagi harus mengambil aplikasi untuk lakukan transaksi spesifik.

4. App Library

Feature ini bisa disebut seperti dengan App Drawer (aplikasi laci) yang awalnya dipunyai oleh Android.

App Library berperan untuk mengumpulkan aplikasi ke beberapa kelompok spesifik dengan cara automatis, seperti recently added untuk aplikasi baru yang di-install, media sosial, pertunjukan, dan lain-lain.

Lewat feature ini, pemakai iOS 14 sekarang bisa sembunyikan aplikasi yang terpajang pada monitor home screen mereka.

5. Apple Maps Cycling Directions

Kecuali sediakan jalur buat beberapa pengendara sepeda motor, kendaraan bermobil dan pejalan kaki, aplikasi Maps sekarang ikut sediakan jalur spesial untuk beberapa pengendara sepeda.

Maps sekarang bisa menyediakan bermacam info yang berguna seperti tingkat ketinggian dataran jalur, situasi kepadatan jalan raya dan tersedianya tangga di selama jalur yang diambil.

Kecuali ada pada iOS 14, feature ini ikut ada pada WatchOS 7 untuk wearable Apple Watch.

Kembali ke 10 tahun lalu, Google sudah tawarkan feature yang sama. Perbedaannya, Google tidak sediakan detil tentang ada tersedianya tangga.

6. Picture-in-Picture

Sebelumnya setelah ada pada iPad, feature picture-in-picture (PiP) sekarang ada dengan cara pertama pada iOS 14. Feature ini sangat mungkin pemakai melihat video, termasuk juga video chat dalam monitor kecil sekalian buka aplikasi lain di hp.

Sedang feature picture-in-picture bukan hal yang baru buat pemakai Android. Tetapi tidak seperti di iOS 14, saat video digeser karena itu audio automatis akan lenyap alias tidak bisa terdengar.

7. Wind Down Model

Paling akhir, ada Wind Down Model yang berperan untuk menolong pemakai saat sedang bersiap-siap untuk tidur. Dengan Wind Down Model, pemakai bisa mengendalikan jam tidur serta bangun, dan menempatkan model “Do Not Disturb” pada hp.

Walau awalnya sudah bawa feature yang sama, tetapi Android tidak mempunyai bermacam content penambahan seperti pilihan meditasi atau musik penenang yang ada pada iOS14.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *