11 Ciri-ciri Avengers versi Majapahit ala Is Yuniarto

Posted on

Avengers: Endgame (2019) memiliki hype yang sama dengan film superhero Marvel yang sudah dibikin awalnya. Banyak perbincangan tentang film, ciri-ciri, serta alur ceritanya pada media, media sosial, serta di perbincangan setiap hari. Warga Indonesia termasuk juga ke beberapa orang yang ikut ketertarikan akan hadirnya film ini. Karena sangat antusiasnya, serta ada seorang seniman yang membuat lagi berbagai ciri-ciri Avengers Endgame, seperti saat ini yang dibuat lagi ala kerajaan Majapahit.

Ciri-ciri-karakter itu dibikin lagi ala Indonesia oleh ilustrator sekaligus juga komikus Is Yuniarto. Kecuali perkembangan nama dan design ciri-ciri Marvel, nama Avengers juga dirubah oleh Is Yuniarto jadi ADIWIRA yang sesuaikan dengan latar tempat ciri-ciri ini berasal, yaitu Kerajaan Majapahit atau Wilwatikta. Karya Is Yuniarto ini diunggahnya di sosial media share photo, Instagram. Oke deh, tanpa lama, langsung saja, inilah ciri-ciri-karakter Avengers Endgame yang dibikin lagi oleh Is Yuniarto versi kerajaan Majapahit!

Captain America Alias Senopati Satya Roja

Pahlawan Marvel sebagai Avengers pertama versi Kerajaan Majapahit, Captain America, jadi ciri-ciri pertama juga yang dikeluarkan Is Yuniarto ke publik. Dalam karyanya, Is Yuniarto menyebutkan Captain America untuk Senopati Satya Roja. Dikisahkan jika Dia masuk ke prajurit yang mengikuti Raden Wijaya sejak Wilwatikta dibangun. Satu hari, saat dia sedang memburu lawan, Satya Roja terkena jurus tapak beracun. Jurus yang dikeluarkan oleh gembong pemberontak ‘Tengkorak Abang’.

Karena terserang jurus itu, dia terjatuh ke kawah Gunung Wilis. Sesudahnya, badan Satya Roja jadi membeku semestinya batu. Tetapi, 70 tahun selanjutnya, dampak toksin yang mengenainya pupus. Satya Roja datang dari tidurnya serta kembali lagi memiliki perisai ‘Surya Wilwatikta’ yang bercorak panji kerajaan merah putih. Dia satu kali lagi kembali lagi berbakti untuk Wilwatikta, yaitu berbakti untuk Si Rajasanegara Hayam Wuruk.

Black Panther Alias Macan Wulung

Pahlawan Marvel dari Wakanda, Black Panther, ikut kebagian dibikin lagi. Ciri-ciri Avengers Black Panther di versi Kerajaan Majapahit mempunyai nama Macan Wulung, dengan nama asli Rambe Tacala. Diceritakan jika Rambe Tacala adalah seorang putra dari kepala suku negeri makmur Wwani, di Papua Samudranta. Kehadirannya ke Trowulan ada untuk duta negeri konsolidasi Wilwatikta. Tacala memiliki rajah macan kumbang yang membuatnya kebal senjata tajam.

Iron Man Alias Wesijalma

Ciri-ciri manusia besi yang tetap berebutan kepemimpinan di Avengers, Iron Man, dibikin lagi oleh Is Yuniarto untuk versi Kerajaan Majapahit. Nama Tony Stark ditukar jadi Tosan Attarka, serta Iron Man jadi Wesijalma. Dikisahkan jika Tosan Attarka adalah seorang saudagar flamboyan yang kaya raya. Dia datang dari kota dermaga Tuban. Kota ini mempunyai jaringan dagang sampai ke Siam, Campa, Tiongkok, dan Gujarat.

Diperjalanan berdagangnya, Tosan kumpulkan berbagai tipe senjata dan pakaian zirah buat dipelajari dan ditingkatkan untuk keperluan militer dari kerajaan Wilwatikta. Salah satunya senjatanya dapat membuat armada perang Wilwatikta jadi superior. Senjata yang disebut ialah meriam mini cetbang.

Thor Alias Mpu Geledek

Ciri-ciri Avengers Thor namanya ditukar jadi Mpu Geledek dalam versi Kerajaan Majapahit. Tidak seperti aslinya, sebelum mendapatkan panggilan, Mpu Geledek memiliki nama asli Tora Indraputra. Dia diketahui untuk seorang brahmana yang bertempat di gunung Semeru. Dianya memiliki ketrampilan membuat senjata pusaka.

Beberapa bangsawan dan pendekar tiba padanya untuk ditempakan senjata pusaka. Senjata-senjata itu ditempa dengan Palu Saktinya, ‘Brajagodam’. Mpu Geledek, diisukan untuk titisan dewa petir Batara Indra. Kecuali isu itu, isu yang lain menjelaskan jika dianya adalah kelompok ‘Amertajiwa’, yaitu beberapa orang suci yang kekal.

Hulk Alias Ra Bulus

Ciri-ciri Avengers Hulk yang terhimpun di Adiwira diilustrasikan Is Yuniarto untuk Ra Bulus dalam versi Kerajaan Majapahit. Sebelum jadi Ra Bulus, dia diketahui untuk Bulus Ijo. Kerjanya ialah seorang sastrawan yang pekerjaannya pelajari kitab-kitab kuno yang berada di Istana Tumapel.

Satu saat, Bulus Ijo sukses pecahkan kode aksara kuno, untuk selanjutnya membaca kitab terlarang ‘Gamaraga’. Akibatnya karena perbuatannya itu, kesadarannya lenyap, serta dia menjadi Ra Bulus yang memiliki badan raksasa serta berkulit hijau dan dipenuhi amarah. Sebelum jadi sisi dari Adiwira, Ra Bulus sempat meluluh-lantakkan Trowulan serta jadi buronan dari beberapa pasukan Bhayangkara.

Black Widow Alias Randa Ireng

Is Yuniarto dalam karyanya tidak lupakan Black Widow. Ciri-ciri Avengers Endgame ini ikut dibikin lagi dalam versi Kerajaan Majapahit. Namanya jadi Randa Ireng dengan nama asli Dyah Nata Shamahita. Aslinya dari Kahuripan serta dia masuk ke Anggota Telik Kode Wilwatikta.

Oleh sebab kepiawaiannya yang oke, Randa Ireng sempat dibuat untuk pengawal pribadi dari Rani Tribhuwana Tungga Dewi. Semenjak kecil, Randa Ireng dilatih bela diri ‘Sundang Majapahit’. Latihan itu membuat cakap dalam penyusupan, penaklukan, serta perlindungan. Dengan kepiawaiannya itu juga, membuatnya, terbawa ke ekspedisi pembasmian pemberontakan di berbagai wilayah.

Hawk Eye Alias Soca Dedali

Soca Dedali jadi ciri-ciri Avengers yang dibikin lagi dalam versi Kerajaan Majapahit seperti Hawkeye. Tetapi tidak seperti aslinya, di Adiwira, dia tidak memperoleh nama asli. Kepiawaiannya, tentunya memanah. Dia adalah seorang bekas pasukan elit Bhayangkara.

Pengalamannya dalam misi rahasia berlimpah. Berbagai daerah di nusantara sudah dia datangi. Salah satunya misi rahasianya yang terpopuler ialah menumpas gerombolan penyamun di sarangnya, dan lawan politik kerajaan Wilwatikta. Sama dengan aslinya, Soca Dedali memiliki jalinan spesial dengan Randa Ireng.

Spiderman Alias Kalangga

Di Adiwira, Peter Parker jadi namanya Petir Parikesit. Sedang ciri-ciri superhero Avengers Spiderman jadi namanya Kalangga dalam versi Kerajaan Majapahit. Diriwayatkan jika Petir Parikesit adalah seorang remaja yang memiliki karier pembuat ukiran dinding yang datang dari desa di Selatan Trowulan.

Satu waktu, desanya, terserang oleh gerombolan penyamun. Sebab gempuran itu, Petir sangat terpaksa lari ke rimba. Selanjutnya, dia bersembunyi dalam satu gua. Di gua, dia digigit laba-laba beracun yang telah berumur beberapa ratus tahun. Laba-laba itu memiliki toksin langka. Karena toksin itu, Petir jadi punyai kemampuan yang sama dengan laba-laba.

Nick Fury Alias Rakryan Tumenggung Nirendra Wuri

Ada Nick Fury dalam Adiwira dipandang penting oleh Is Yuniarto dengan membuat lagi ciri-khasnya. Ada juga ciri-ciri Avengers Endgame ini, di versi Kerajaan Majapahit, dinamakan Rakryan Tumenggung Nirendra Wuri. Dia adalah seorang pejabat telik kode kerajaan. Tanggung jawabnya ada di bagian pertahanan dan keamanan kerajaan.

Kecuali tanggung jawab itu, dia memperoleh amanat rahasia dari Mahapatih Amangkubumi Gajah Mada. Mandatnya berbentuk pembentukkan barisan Adiwira yang didalamnya terbagi dalam berbagai jenis insan paling baik kerajaan. Tujuann dibuatnya Adiwira, yaitu mobilisasi anggotanya untuk hadapi lawan serta atau keadaan yang tidak bisa diselesaikan oleh pasukan Bhayangkara.

Doctor Strange Alias Mahatabib Shutarangga

 

Doctor Strange jadi ciri-ciri Avengers Endgame yang ikut dibikin lagi dalam versi Kerajaan Majapahit. Dia dikisahkan untuk seorang tabib istana yang namanya Shutasoma Ranggajaya. Sama dengan narasi aslinya, Ranggajaya alami penyakit aneh yang tidak bisa diobati. Mengakibatkan, dia cari kesembuhan ke berbagai tempat sampai selanjutnya sampai ke pegunungan Tibet.

Sesudah pulih, dia kembali pada Jawadwipa bermaksud membaktikan hidupnya untuk rakyat. Datang dari Tibet, dia jadi Mahatabib Shuta yang bukan hanya bisa mengobati pasien, tapi dapat menyingkirkan roh jahat. Kecuali ke-2 ketrampilan itu, dia punyai jurus tapak ragasukma dan diberi pusaka batu semesta bintang hijau.

Thanos Alias Tano Sukhbataar

Thanos jadi salah satu ciri-ciri Avengers Endgame dengan status penjahat yang dibikin lagi dalam versi Kerajaan Majapahit. Namanya ditukar jadi Tano Sukhbataar. Dikisahkan jika Tano, adalah bekas Jenderal Mongol yang memiliki tekad untuk membalas kekalahan pasukan Tartar di Jawadwipa pada beberapa puluh tahun lalu. Dia membuat sumpah akan merusak kerajaan Wilwatikta. Diisukan jika dia datang dari garis turunan Meng Qi yang sempat jadi utusan Kaisar Mongol serta dibuat malu di Jawadwipa.

Pasukan di bawah kepemimpinan Tano Sukhbataar belum pernah tidak berhasil dalam mengalahkan benteng musuh. Sekarang, Jenderal Tano bawa armada tempurnya ke Jawadwipa bermaksud cari Mustika Bintang Semesta yang diberitakan bisa memberi kemampuan magic.

Sudah deh penjelasan ciri-khasnya! Kurang lebih, sesudah melihat background serta design dari 11 ciri-ciri Avengers Endgame yang dibikin lagi oleh Is Yuniarto dalam versi Kerajaan Majapahit ini, mana yang menjadi favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *